Pages

Thursday, April 4, 2013

Khasiat Yang Terkandung dalam Buah dan Sayuran

Buah dan sayuran adalah sesuatau yang selama ini tidak jauh dari lingkungan kita tinggal. Bahkan kita sering mengonsumsinya. Namun terkadang kita tidak tahu khasiat yang terkandung dalam buah-buahan dan sayuran itu. Nah Sobat, maka dari itu melalui artikel ini, saya ingin berbagi beberapa khasiat dan manfaat dari beberapa buah-buahan dan sayuran. semoga bermanpaat.

BELIMBING WULUH
SEBAGAI OBAT TRADISIONAL
Sariawan
  • 10 kuntum bunga belimbing wuluh, asam jawa, gula aren direbus dengan 3 gelas air sampai airnya tinggal 3/4, saring, minum 2 kali sehari.
  • Segenggarn bunga belimbing wuluh, gula jawa secukupnya dan 1 cangkir air direbus sampai kental. Setelah dingin disaring, dipakai untuk membersihkan mulut dan mengoles sariawan.
  • 2/3 genggam bunga belimbing wuluh, dicuci lalu direbus dengan 3 gelas air bersih sampai tersisa 2 1/4 gelas. Setelah dingin disaring lalu diminum, sehari 3 kali 3/4 gelas. 3 buah belimbing wuluh, 3 butir bawang merah, 1 buah pala yang muda, 10 lembar daun seriawan, 3/4 sendok teh adas, 3/4 jari pulosari, dicuci lalu ditumbuk halus, diremas dengan 3 sendok makan minyak kelapa, diperas lalu disaring. Dipakai untuk mengoles luka-luka akibat sariawan, 6-7 kali sehari.
Sakit gigi
5 buah belimbing wuluh setelah dicuci bersih, dikunyah dengan garam. Ulangi beberapa kali sampai hilang rasa sakitnya.
 
Buah Sirsak

Studi di Purdue University membuktikan bahwa daun graviola mampu membunuh sel kanker secara efektif, terutama sel kanker: prostat, pankreas, dan paru-paru.
Hasil riset beberapa universitas itu membuktikan jika pohon ajaib dan buahnya ini bisa:
1. Menyerang sel kanker dengan aman dan efektif secara alami, tanpa rasa mual, berat badan turun, rambut rontok, seperti yang terjadi pada terapi kemo.
2. Melindungi sistim kekebalan tubuh dan mencegah dari infeksi yang mematikan.
3. Energi meningkat dan penampilan fisik membaik.
4. Secara efektif memilih target dan membunuh sel jahat dari 12 tipe kanker yang berbeda, di antaranya kanker usus besar, payudara, prostat, paru-paru, dan pankreas.
5. Daya kerjanya 10.000 kali lebih kuat dalam memperlambat pertumbuhan sel kanker dibandingkan dengan adriamycin dan terapi kemo yang biasa digunakan.
6. Tidak seperti terapi kemo, sari buah ini secara selektif hanya memburu dan membunuh sel-sel jahat dan tidak membahayakan atau membunuh sel-sel sehat.

 
Jeruk nipis
Perawatan kulit tak hanya dilakukan dengan cara modern saja. Bagi Anda yang ingin menggunakan cara tradisional tak ada salahnya menjadi pilihan perawatan rutin. Disamping biayanya cukup murah, hasilnya juga mengesankan.
Sebagai contoh, untuk memutihkan kulit wajah, ada cara tradisional yan bisa kita lakukan tanpa ada efek samping. Orang – orang tua sebelum kita, telah melakukan perawatan ini sejak dulu.
Buah yang satu ini memang lebih dikenal sebagai penghilang bau amis atau campuran penyedap makanan. Tapi sebenarnya air jeruk nipis ini juga banyak manfaatnya untuk kecantikan dan kesehatan.
Air yang berasal dari daging buah ini dikenal sanggup membuat pori – pori mengecil dan menghilangkan kelebihan lemak pada jenis kulit yang berminyak.
Manfaat
  • Untuk merapatkan pori – pori kulit, ambil daging jeruk nipis, lalu  Anda bisa oleskan pada kulit wajah. Biasanya ditempat – tempat  disekitar hidung dan pipi yang pori – porinya terlihat besar.
  • Sedangkan untuk memutihkan dan menghaluskan kulit wajah, Anda bisa  usapkan potongan jeruk nipis ini pada wajah dan kulit bagian tubuh  lainnya yang ingin dicerahkan kulitnya. Lakukan hal ini secara  teratur setidaknya seminggu sekali. Niscaya, kulitmu akan tampak  cerah dan mulu

RAMBUTAN
Menurut kajian pakar tanaman obat, daging buah rambutan memuat kandungan gizi cukup lengkap. Mulai dari karbohidrat, protein, lemak, fosfor, besi, kalsium, sampai vitamin C.Sebagai gambaran, dalam setiap 100 gram (sekitar 3 buah) rambutan terkandung 69 kalori, sekitar 18,1 gram karbohidrat, serta 58 mg vitamin C. Kadar vitamin C buah rambutan lebih tinggi dari jeruk manis. Sebab, dalam 100 mg jeruk manis hanya terdapat 49 mg vitamin C. Kadar serat rambutan juga cukup tinggi, sekitar 2 gram per 100 gram berat buah. Karakter buah seperti rambutan ini cocok dikonsumsi orang-orang yang tengah berdiet menurunkan atau menjaga berat badan. Kalo hanya dengan makan 3 buah rambutan kita sudah mendapatkan kalori sebanyak 69 kalori, maka jika kita makan buah rambutan sekitar 9 atau lebih kita sudah cukup mendapatkan energi untuk beraktifitas dari pagi sampai dgn siang hari. Karena kebutuhan kalori untuk makan pagi sebaikanya kira-kira 25% dari total kebutuhan kalori per hari. 

Tomat
Manfaat tomat bagi kesehatan tubuh adalah sebagai berikut :
1. Membantu menurunkan resiko gangguan jantung
2. Menghilangkan kelelahan dan menambah nafsu makan.
3. Menghambat pertumbuhan sel kanker pada prostat, leher rahim, payudara dan endometrium.
4. Memperlambat penurunan fungsi mata karena pengaruh usia ( age-related macular degeneration).
5. Mengurangi resiko radang usus buntu.               
6. Membantu menjaga kesehatan organ hati, ginjal, dan mencegah kesulitan buang air besar.
7. Menghilangkan jerawat.

 
Wortel
Manfaat wortel bagi kesehatan tubuh adalah sebagai berikut: 
1. Membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah.
2. Membantu pertahanan tubuh dari risiko kanker, terutama kanker paru-paru, kanker larynx (tenggorokan), esophagus (kerongkongan), prostat, kandung kemih dan cervix (leher).
3. Mencegah konstipasi atau kesulitan buang air.
4. Membantu meningkatkan ketahanan terhadap keracunan makanan.

No comments:

Post a Comment